50 Bocoran Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja

1. Tell Me About Your Self! (Ceritakan tentang diri Anda!)

Inilah pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh pewawancara pertama kali saat tes wawancara. Demikian halnya dalam Bahasa Inggris, hal ini sangat umum ditanyakan untuk mengetahui performance pertama kali peserta terutarna dalam kosa katanya menggunakan Bahasa Inggris.

Ketika Anda diberikan pertanyaan ini, maka jawablah dengan secara umum. Interviewer tidak ingin Anda menceritakan keseluruhan jalan hidup Anda. Namun, jelaskan siapa nama Anda, Anda lulusan bidang apa, posisi Anda dimana, dan apa keunggulan Anda dibandingkan yang lain.

I am Sinta. I am 22 years old. I was born in Yogyakarta but I grew up in Semarang. I graduated from University of Indonesia majoring in Management.

Saya Sinta. Umur saya 22 tahun. Saya lahir di Yogyakarta tapi besar di Semarang. Saya lulusan dari Universitas Indonesia jurusan Manajemen.

Hello sir, my name is Raditya Prambudi, I am a fresh graduate at English department of Indonesian University. Even though a fresh graduate, I have experiences as private teacher for 3 years, lecture assistant for about 2 years, and a leader of the biggest English club in my University. l am also an Internet Marketing expert so it is quite useful for your product selling.

Halo Pak, nama saya Raditya Prambudi, saya seorang yang baru saja lulus di jurusan Bahasa Inggris Universitas Indonesia. Meskipun baru lulus, saya memiliki pengalaman sebagai guru privat selama 3 tahun, Asisten Dosen selama 2 tahun, dan pemimpin klub Inggris terbesar di Universitas saya. Saya juga seorang ahli Internet Marketing sehingga cukup berguna untuk menjual produk Anda.

Jika kamu belum mempunyai pengalaman apapun kamu arahkan jawabanmu ke syarat-syarat yang ditentukan oleh perusahaan untuk kualifikasi yang kamu inginkan. Usahakan jawabnmu benar•benar menunjukkan ketertarikanmu pada bidang tersebut. Misalnya, kualifikasi tersebut membutuhkan seorang teknisi listrik.

Kamu bisa menjawab seperti ini :

I have learned about electricity and most of things related to it since I was in Junior High School. I like learning about this subject because it is so challenging. I have made some experiments. I am a very good learner and would like to learn more about this subject from books or from more experienced electricians.

Saya telah belajar tentang listrik dan sebagian besar hal­ hal yang berkaitan dengan itu sejak masih di SMP. Saya suka belajar tentang subjek ini karena sangat menantang. Saya telah membuat beberapa percobaan. Saya seorang pelajar yang sangat baik dan ingin mempelajari lebih Ianjut tentang subjek ini dari buku atau dari teknisi listrik berpengalaman.

Jawaban ini akan membuat Anda berbeda dengan kandidat yang lain. Pewawancara akan mengingat anda tentang bagaimana anda termotivasi untuk masuk pada kualifikasi yang dibutuhkan dan mengetahui seberapa besar usaha anda untuk mencapainya. Anda harus menunjukkan apa yang menjadi hal yang paling baik dari diri Anda.

2. What About This Job Interests You? (Bagaimana pekerjaan ini membuat Anda tertarik?)

Interviewer ingin mendengarkan jawaban Anda menge­nai kenapa Anda tertarik terhadap pekerjaan ini Jawab dengan kalimat yang singkat dan jelas. Sekedar tips, disarankan bagi Anda untuk memberikan keyakinan bahwa Anda tertarik karena mempunyai pengalaman yang mumpuni dan kemampuan tambahan yang tidak kalah bagus. Sejatinya, interviewer ingin menguji seberapa pantasAnda untuk bergabung dengan mereka.

Your company is one of my top choices and I come here because my experiences and interests are quite useful for this educational institution. I can teach the students and I can also handle the task of marketing by internet. As I told before that Internet marketing is one of my expertise.

Perusahaan Anda adalah salah satu pilihan teratas saya dan saya datang ke sini karena pengalaman dan minat saya sangat berguna untuk institusi pendidikan ini. Saya bisa mengajar siswa dan saya juga dapat menangani tugas pemasaran dengan internet. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa pemasaran Internet adalah salah satu keahlian saya.

3. What Do You Know About Our Company? (Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?)

Pewawancara ingin mengetahui seberapa jauh kamu telah mengenal tentang perusahannya. Anda dapat menjawabnya dengan mencari tahu dari referensi yang tersedia, seperti teman, koran, majalah, website perusahaan, atau orang yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

Your company is one of the biggest in Indonesia. It could doubled its revenue last year. I heard that your company get at least 200 applicants a day. I think more and more people want to work in this amazing company.

Perusahaan Anda adalah salah satu perusahaan yang terbesar di Indonesia. Bisa dua kali lipat pendapatan tahun lalu. Saya mendengar bahwa perusahaan Anda mendapatkan setidaknya 200 pelamar per hari Saya pikir semakin banyak orang ingin bekerja di perusahaan yang menakjubkan ini.

4. Why Do You Want To Work At Our Company? (Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami)

It would bean privilege for me to work in your esteemed organization. When I read about your company, I found that my skills and qualities are matching with the companies requirements. As a fresher I am looking for a platform which will enhance my passion for continuous learning. If given an opportunity, I will create value for your company through my knowledge, hard work, and persistence. 1 will try to give by best.

Ini akan menjadi kehormatan bagi saya untuk bekerja di organisasi Anda yang terhormat. Ketika saya membaca tentang perusahaan Anda, saya menemukan bahwa keterampilan dan kualitas saya sesuai dengan persyaratan perusahaan. Sebagai lulusan baru Saya mencari platform yang akan meningkatkan semangat saya untuk terus belajar. Jika diberi kesempatan, saya akan menciptakan nilai yang balk bagi perusahaan Anda melalui pengetahuan saya, kerja keras, dan ketekunan. Saya akan mencoba untuk memberikan yang terbaik.

5. Why Did You Leave Your Previous Job? (Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya?)

Seorang interviewer ingin mengetahui mengapa Anda meninggalkan pekerjaan terakhir dan memilih bergabung bersama mereka. Dalam hal ini, jelaskan bahwa Anda terlalu hebat untuk terus berada di perusahaan sebelumnya dan kemudian menganggap bahwa perusahaan yang baru mempunyai prospek yang sangat cerah. Yakinkan interviewer bahwa perusahaan merekalah yang terbaik.

Contoh jawaban terbaik :

I dream big and your company is the solution for me. When I was a leader in educational institute Of private teacher, I think that place was not my own. I have to be bigger and smarter. So, I left my position as a leader and decided to join your company. Here, I can reach the higher personal branding, the wider market, and the great experiences of my work.

Saya memiliki mimpi besar, dan perusahaan Anda adalah solusi bagi saya. Ketika saya menjadi seorang pemimpin di lembaga pendidikan guru swasta, saya berpikir bahwa tempat itu kurang cocok dengan diri saya. Saya harus Iebih besar dan Iebih pintar. Jadi, saya meninggalkan posisi saya sebagai pemimpin dan memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Di sini, saya bisa mencapai branding yang Iebih tinggi, pasar yang Iebih luas, dan pengalaman besar dalam pekerjaan.

6. What Experience Do You Have In This Field ? (Pengalaman apa yang Anda miliki dalam bidang ini)?

Bicaralah tentang hal spesifik yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. Jika Anda tidak memiliki pengalaman tertentu, carilah jawaban yang setidaknya dapat menjadi pertimbangan pihak pewawancara. Berdasarkan informasi yang anda peroleh, cari hubungan yang paling pas antara pengalaman anda dan perusahaan bersangkutan.

Tips aman : Agar jawaban tidak melebar tak berujung, mintalah kepada si pewawancara untuk lebih spesifik dengan pertanyaannya, “Maksud Bapak/Ibu secara menyeluruh atau bidang tertentu yang menarik minat Bapak/Ibu?”. Cara lain yang dapat ditempuh adalah langsung mencoba menangkap bahasa tubuh dari si pewawancara untuk kemudian mengutarakan jawaban anda, “saya pernah magang sebagai drafter 3D Autucad pada saat Kerja Praktek di PT. Pembangunan Perumahan (PT.PP), sehingga menurut saya hal tersebut akan sangat membantu saya dalam bekerja sebagai arsitek di perusahaan bapak/ibu.”

7. What Motivates You? (Apa yang memotivasi Anda)?

Tidak perlu ragu atau takut untuk menjawab pertanyaan ini karena jawaban Anda sangat tergantung pada latar belakang dan pengalaman hidupmu. Intinya kamu perlu tahu apa yang kamu inginkan terhadap sebuah pekerjaan. Jawaban yang paling aman dan baik untuk pertanyaan ini adalah yang mengacu ke profil perusahaan.

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang profil perusahaan tersebut sebelum tes interview. Misal anda melamar ke sebuah kursus Bahasa Inggris yang sudah terkenal, jawabannya adalah :

I have dreamed to work here since I was a child. My grandfather, my father, and two of my uncles once worked. I grow up knowing that this company is a very good one. It gives more benefits for its workers. It cares about the environment and the surroundings. I really want to work here.

Saya telah bermimpi untuk bekerja di sini sejak kecil. Kakek saya, ayah saya, dan dua dari paman saya pernah bekerja disini. Saya mengetahui bahwa perusahaan ini adalah salah satu yang terbaik. Ini memberi manfaat lebih bagi para pekerjanya. perusahaan Ini peduli lingkungan dan sekitarnya. Saya benar benar ingin bekerja di sini.

What motivates me is my life. I feel so blessed. want to be able to give more to people all around the world. I want to be able to touch all characters and cultures of the people. I want to work with more people. I want others to get more from me.

Apa yang memotivasi saya adalah hidup saya. Saya merasa sangat diberkahi. Saya ingin bisa memberikan lebih kepada orang-orang di seluruh dunia. Saya ingin bisa menyentuh semua karakter dan budaya masyarakat. Saya ingin bekerja dengan lebih banyak orang. Saya ingin orang lain mendapatkan lebih banyak hal dari saya.

I’ve always been motivated by the desire to do a good job at whatever position I’m in. I want to excel and to be successful in my job, both for my own personal satisfaction and for my employer. My job is not only a device to earn money. It is also my hobby, my challenge.

Saya selalu dimotivasi oleh keinginan untuk melaku­kan pekerjaan dengan baik di posisi apapun saya. Saya ingin unggul dan berhasil dalam pekerjaan saya, baik untuk kepuasan pribadi saya sendiri dan untuk atasan saya. Tugas saya adalah tidak hanya sebuah perangkat untuk mendapatkan uang. Hal ini juga hobi saya, tantangan saya.

8. Why Should We Hire You? (Mengapa kami pantas menerima Anda)?

Untuk menjawab pertanyaan ini Anda harus percaya diri, artinya Anda tidak perlu ragu atau khawatir orang akan mencemooh Anda. Yang perlu Anda katakan adalah Anda mengetahui dengan pasti tentang diri Anda sendiri. Misalnya:

1 am a hard worker and a fast 1 also have some e’periences about marketing in my previous job. Here fore, I will dedicate my skill and effort to this company.

Saya seorang pekerja keras dan cepat belajar. Saya juga memiliki beberapa pengalaman tentang pemasaran dalam pekerjaan saya sebelumnya. Sehingga, saya akan mendedikasikan keahlian dan upaya saya untuk perusahaan ini.

I believe that I’m the best person for the I realize that there are many other people who have the ability to do this job. I also have that ability. But I bring an additional quality that makes me the very best person for the job, my attitude for excellence. Not just giving lip service to excellence, but putting every part of myself into achieving it.

Saya percaya bahwa saya orang terbaik untuk pekerjaan itu. Saya tahu ada banyak orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan ini. Saya juga memiliki kemampuan itu. tapi saya memiliki kualitas lain yang membuat saya memiliki kualitas terbaik untuk pekerjaan itu, yaitu sikap untuk menjadi unggul. Bukan hanya memberikan pelayanan untuk sebuah kelebihan, tetapi menempatkan setiap bagian dari diri untuk mencapainya.

9. Are You Ready To Work Overtime? (Apa kah Anda bersedia bekerja lembur?)

Jawab pertanyaan ini dengan singkat dan lugas.

If it is necessary, I will work overtime. It is no problem at all for me.

Jika hal itu dibutuhkan, saya akan bekerja lembur. Hal ini tidak ada masalah sama sekali bagi saya.

10. How Much Salary Do You Expect ? (Berapa gaji yang anda harapkan)?

Inilah pertanyaan yang cukup sering dibahas. Ukuran yang bisa Anda pertimbangkan salah satunya adalah UMR (Upah Minimum Regional) atau data yang Anda dapatkan dari orang lain yang telah bekerja ditempat tersebut. Atau, kamu boleh mengajukan pertanyaan balik :

Could you tell me the range for this position? (Bisakah Anda ceritakan berapa rentang untuk posisi ini?)

Kalimat tersebut akan memberikan perkiraan gaji yang diharapkan. Anda dapat menjelaskan atau menguraikan kebutuhan Anda, seperti kebutuhann sehari-hari (daily needs), listrik, pulsa, air, sewa kamar/ rumah bila belum memiliki rumah, dan lain-lain.

Atau Jawab Dengan Cara Seperti Ini :

Berapa gaji yang anda harapkan ? Katakan sambil tersenyum “Pertanyaan yang cukup sulit, namun maaf bisakah Bapak/Ibu menjelaskan kisaran gaji untuk posisi ini?” Biasanya pihak perusahaan akan memberikan rentang gaji yang anda tanyakan.

Jika tidak, anda bisa bertanya balik mengenai detail pekerjaan yang akan anda jalani serta tanggung jawabnya, baru kemudian bisa memperkirakan gaji yang anda harapkan plus mempertimbangkan tunjangan-tunjangan lain. Itu pun masih kisaran saja, jadi anda sebelumnya harus tahu kisaran gaji untuk posisi seperti anda.

11. Why Did You Choose This Career ? (Mengapa Anda memilih karir ini)?

Anda bisa menjelaskan alasan Anda secara pribadi mengapa Anda tertarik untuk menekuni karir Anda, misal untuk karir marketing.

love making friends with many kinds of people. I like doing all things related to marketing. To me, marketing is so challenging. I am happy when I can convince others how the product can make their life easier.

Saya suka berteman dengan banyak orang. Saya suka melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran. Bagi saya, pemasaran sangat menantang. Saya senang ketika saya dapat meyakinkan orang lain bagaimana sebuah produk dapat membuat hidup mereka lebih mudah.

Misalnya Anda ingin menjawab ketertarikan Anda untuk mengajar.

I have chosen education as a career because I believe that education is perhaps the most important function performed in our culture, or for that matter, any culture. I believe that teachers individually and collectively can not only change the world, but improve it, and in the process find personal and professional renewal. I want to be part ot tins noble profession, and someday to be counted among those in whom future pre-service teachers found inspiration.

Saya telah memilih pendidikan sebagai karier karena saya percaya bahwa pendidikan mungkin fungsi yang paling penting dilakukan dalam budaya kita, atau dalam hal ini, setiap kebudayaan. Saya percaya bahwa guru secara individual dan kolektif tidak hanya bisa mengubah dunia, tapi memperbaikinya, dan dalam proses menemukan pembaharuan pribadi dan prof esional. Saya ingin menjadi bagian dari profesi yang mulia ini, dan suatu hari nanti akan dihitung di antara orang-orang yang di dalamnya guru preservice masa depan menemukan inspirasi.

Misal Anda tertarik menekuni karir sebagai guru komputer.

Computer is very smart. There are a lot of things we can do with it. Many people try to use computer for something bad. It’s my job to educate people how to use computer wisely and how to be computer literate. Computer is like the soul of my life. I will let my soul guide me to do more things for others.

Komputer sangat cerdas. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengannya. Banyak orang mencoba untuk menggunakan komputer untuk sesuatu yang buruk. Itu tugas saya untuk mendidik masyarakat bagaimana menggunakan komputer dengan bijak dan bagaimana menjadi melek komputer. Komputer seperti jiwa hidup saya. Saya akan membiarkan jiwa ini membimbing saya untuk melakukan lebih banyak hal untuk orang lain.

12. What Do You Really Want To Do In Life? (Apa yang benar-benar ingin Anda lakukan dalam hidup)?

Ini merupakan sesuatu yang filosofis. Namun, sebaiknya Anda menjawab apa adanya tentang hal-hal yang ingin kamu lakukan dalam hidup ini. Kamu bisa menjawab seperti berikut:

want to make my family, especially my parents, happy. want to to share what God has given to me and help others realize their dreams. And I want to help as many people as possible.

Saya ingin membuat keluargaku, khususnya orang tua bahagia. Saya ingin berbagi atas apa yang Allah berikan kepada saya dan menolong orang lain untuk mewujudkan mimpinYa. Dan saya ingin menolong orang sebanyak mungkin.

13. What Are Your Long Term Career Objectives? (Apa tujuan karir Anda pada jangka waktu yang lama)?

Sebaiknya, Anda memberikan jawaban yang mere-fleksikan keinginan Anda untuk menjadi seorang pekerja profesional yang melayani dan memberi, baik kepada orang lain maupun perusahaan tempat Anda bekerja. Misal:

I want to be an inspiring worker who can work with anybody in any situation to make this company the best one in the world.

Saya ingin menjadi seorang pekerja yang meng. inspirasi yang dapat bekerja dengan setiap orang di berbagai situasi untuk membuat perusahaan ini menjadi perusaahaan terbaik di dunia.

14. What Are The Most Important Rewards That You Expect ‘ In Your Career? (Penghargaan apa yang paling penting yang anda harapkan dalam karir Anda?)

Ini bukanlah suatu hal yang berlebihan. Karena pada dasarnya semua manusia ingin dihargai dan diakui. Anda bisa mengatakan bahwa reward terbaik bagi Anda adalah bisa memberikan hal terbaik bagi institusi Anda.

My biggest reward is professionality in my work.

(penghargaan terbesar saya adalah profesional dalam kinerja).

15. What Do You See Yourself Doing Five Years From Now? (Apa yang Anda lihat pada diri Anda lima tahun yang akan datang?)

Pewawancara dalam hal ini ingin mengetahui seberapa jauh visi dan misimu kedepan. Cobalah untuk menjadi seorang pemimpin bagi dirimu sendiri yang melihat masa depanmu dengan apa yang dihadapi saat ini, tentu saja kamu sebaiknya menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain Misal:

Five years from Now, I will be one of the best banking analysts, a business consultant, and a creative enter­preneur who has an advertising agency in Indonesia. I want to share my knowledge to more and more people who want to establish their own company.

Lima tahun dari sekarang, saya akan menjadi seorang analis perbankan terbaik, seorang konsultan bisnis, dan seorang pengusaha yang kreatif yang memiliki biro iklan di Indonesia. Saya ingin berbagi ilmu kepada banyak orang agar semakin banyak orang yang ingin mendirikan perusaahaan mereka sendiri.

16. How Would You Evaluate Your Ability To Deal With Conflict? (Bagaimana Anda mengeyaluasi kemampuan dalam menghadapi konflik?)

I am not a person who likes to have any conflict with others. To me, having a lot of friends is better than having an enemy. But if I have to deal with a conflict, I will find a solution as soon as possible and I will try to be professional and not to decide things based on likes or dislikes.

Saya bukan orang yang suka memiliki konflik dengan memiliki banyak teman lebih baik orang lain. Bagi saya, daripada memiliki musuh. Tetapi jika aku harus berurusan dengan konflik, saya akan menemukan solusi secepat possibble dan saya akan mencoba untuk menjadi prof esional dan tidak untuk memutuskan sesuatu berdasarkan suka atau tidak suka.

17. What Is Your Strength And Your Weakness? (Apa kele­bihan dan kelemahan Anda?)

Tidak ada manusia yang sempurna. Dibalik kelebihan seseorang pasti memiliki kelemahan juga, demikian sebaliknya. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita bisa terus memperbaiki kekurangan kita menjadi kelebihan dan mengoptimalkan kelebihan yang ada.

I am very self motivated. I can promise you that I will always have a goal when I come into work, whether its the same goal everyday or a different goal. I will not be happy or satisfied until I accomplish that goal. But I have my weakness, I cannot say no to anyone. If you need help. I am also very shy but once I get to know you I am very open and down to earth with you.

Saya sangat termotivasi. Saya berjanji bahwa saya akan selalu memiliki tujuan ketika saya datang ke kantor, apakah tujuan yang sama setiap harinya atau tujuan yang berbeda. Saya tidak akan bahagia atau puas sampai saya mencapai tujuan itu. Tetapi saya memiliki kelemahan, saya tidak bisa mengatakan tidak kepada siapa pun jika membutuhkan bantuan. Saya juga sangat pemalu, tapi setelah saya mengenal Anda saya sangat terbuka dan akrab dengan Anda.

I am very good in Mathematics. I can draw and count very well. By my English is still bad. I keep on learning English from my friends, doing some exercises, and taking an English course.

Saya sangat baik di Matematika. Saya bisa menggambar dan menghitung dengan sangat baik. Dengan Bahasa Inggris saya masih buruk. Aku terus belajar bahasa Inggris dari teman-teman saya, melakukan beberapa latihan, dan mengambil kursus Bahasa Inggris.

I am good at managing people. three years ago I had a football team. I was successful to make my team win a local competition. But I am not that organized. That’s why I always bring my agenda. I make a have to do list.

Saya pandai mengelola orang. Tiga tahun yang lalu saya punya tim sepak bola. Saya berhasil membuat tim saya memenangkan kompetisi lokal. Tapi saya tidak terorganisir. Itu sebabnya saya selalu membawa agenda saya. Saya harus membuat daftarnya dulu.

18. How Do You Determine Or Evaluate Success? (Bagaimana cara Anda memaknai dan mengevaluasi suatu kesuksesan?)

Success is when I never stop trying to do the best and get the best to fulfill the standards set by the company.

Sukses adalah ketika saya tidak pernah berhenti berusaha untuk melakukan yang terbaik dan mendapatkan yang terbaik untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh perusahaan.

Success is the peak of processes set, planned and conducted well. If I can achieve 75% of targets set, I can say that I have been successful.

Sukses adalah puncak dari proses mengatur, direncanakan dan dilaksanakan dengan baik. Jika saya bisa mencapai 75% dari target yang ditetapkan, saya bisa mengatakan bahwa saya telah berhasil.

19. How well do you work with people? Do you prefer working alone or in teams? (Seberapa baikkah Anda bekerja sama dengan orang lain? Apakah Anda lebih suka bekerja sendiri atau bekerja dalam tim?)

Tidak semua orang mampu bekerja sama dengan orang lain. Namun, dalam sebuah perusahaan Anda tidak hanya harus mampu bekerja sendiri, tapi juga mampu bekerja sama dengan orang lain atau sebuah tim. Jadi, jawaban untuk pertanyaan ini haruslah mencerminkan kemampuan bekerja sendiri ataupun dalam tim.

I like working myself. But I love working in a team because one thing is for sure gaining and sharing knowledge through experience. It is always said “two heads are better than one”. Working as an individual, i can apply all that I have learned throughout the career. So I believe both have their importance and both are required to be successful in any field.

Saya suka bekerja sendiri. Tapi aku suka bekerja dalam tim karena kita bisa mendapatkan dan berbagi pengetahuan melalui pengalaman tersebut. Dapat dikatakan bahwa “dua kepala Iebih balk dari satu”. Bekerja sebagai seorang individu, saya pun dapat menerapkan semua yang telah saya pelajari sepanjang karier. Jadi saya percaya keduanya memiliki kepentingan dan keduanya dituntut untuk sukses dalam bidang apapun.

I would like to work in an environment where there is a blend of both. Its great working in teams while sharing and learning ideas with each other, but it’s also great to sit at my own desk and work hard productively. Therefore, I would like to work independently towards a team goal.

Saya ingin bekerja di lingkungan di mana ada campuran dari keduanya. Kerja yang besar dalam tim sementara berbagi dan belajar ide.ide satu sama lain, tetapi juga bagus saat saya duduk di meja saya sendiri dan bekerja keras produktif. Oleh karena itu, saya ingin bekerja secara mandiri maupun tujuan tim.

2o. Can You Work Under Pressure? (Bisakah Anda bekerja dibawah tekanan?)

Pewawancara pasti ingin mengetahui seberapa besar keinginan Anda untuk bisa bergabung di perusahaannya dan mengikuti semua aturan pekerjaan yang ada, ter­masuk mungkin adanya sedikit “tekanan” terhadap deadline atau ha sil yang ingin dicapai.

Anda bisa menjawabnya:

Well I believe I work the same if there’s pressure or not. I try and take the emotional factors and work hard regardless of down time. I always prioritize and organize my work. At times whenever time becomes a constraint I put extra effort and time to meet the deadline. So pressure has nothing to do with my work.

Yah saya percaya saya tetap bekerja baik ada tekanan atau tidak. Saya mencoba menghilangkan faktor-faktor emosional dan bekerja keras tanpa mengurangi waktu yang ada. Saya selalu memprioritaskan untuk mengatur pekerjaan saya. setiap kali waktu menjadi kendala saya menempatkan usaha ekstra untuk memenuhi deadline. Jadi tekanan tidak ada hubungannya dengan pekerjaan saya.

21. What Makes You Stand Out From Other Candidates? (Apa yang membuat Anda berbeda dari kandidat lainnya?)

I am a continous learner and I try to keep myself updated of all developments in the field of IT (or any other). Since I do not quit in the face of toughest challenges, I am certain that I would be able to achieve the targets that I set for myself and beyond.

Saya seorang yang terus belajar dan saya mencoba untuk menjaga diri dan mengikuti perkembangan dari semua perkembangan di bidang IT (atau lainnya). Karena saya tidak berhenti dalam menghadapi tantangan terberat, saya yakin bahwa saya akan mampu mencapai target yang saya tetapkan untuk din saya sendiri dan seterusnya.

22. How Well Do You Adapt To New Situation? (seberapa baik Anda mampu beradaptasi dengan situasi baru?)

Jawablah pertanyaan diatas dengan menggunakan kata sifat yang menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dan situasi yang baru, seperti:

I am an easygoing, open-minded, and broad-minded-person. So far I have been able to adapt to new situations very well.

Saya seorang santai, berpikiran terbuka, dan berwawasan luas. Sejauh ini saya telah mampu beradaptasi dengan situasi baru yang sangat baik.

23. What Will You Do If You Don’t Get This Position? (Apa yang akan Anda lakukan jika Anda tidak mendapatkan posisi ini?)

Yang terpenting adalah bagaimana Anda menempatkan kekecewaan Anda untuk bangkit.

It’s fine. I don’t want to think that it’s failure, but it is a moment of learning. It could be a moment of truth to a bigger and better chance in the future.

Tidak apa-apa. Saya tidak ingin berpikir bahwa itu sebuah kegagalan, tetapi merupakan momen belajar. lni bisa menjadi momen kebenaran untuk kesempatan yang lebih besar dan lebih baik di masa depan.

24. What Major Problem Have You Encountered And How Did You Deal With It? (Masalah besar apa yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda menanganinya?)

The major problems were jeolousy and prejudice among the workers. No golden staff. Everybody has the right to move. Fair punishment and reward.

Masalah utama adalah iri dan prasangka di antara para pekerja. Tidak ada staf emas. Setiap orang berhak untuk maju. Hukuman yang adil dan hadiah.

25. What Two Or Three Things Are Most Important To You In Your Job! (Sebutkan dua atau tiga hal yang paling penting dalam pekerjaan Anda!)

The first one is the cozy atmosphere, supportive superiors, and fellow workers. The second is the chance to apply my creativity. The last is a clear regulations.

Yang pertama adalah suasana yang nyaman, atasan mendukung, dan rekan sekerja. Yang kedua adalah kesempatan untuk menerapkan kreativitas saya. Yang terakhir adalah peraturan yang jelas.

26. How Do You Keep Yourself Motivated? (Bagaimana Anda menjaga diri untuk tetap termotivasi?)

lni adalah kesempatan Anda untuk memberitahu apa yang membuat Anda tetap fokus. Kemungkinan jawaban meliputi:

Living a healthy life-style. Eating the right foods and drinking lots of water in the office can have a big impact on my concentration levels. (Menjalani gaya hidup sehat. Makan makanan yang tepat dan minum banyak air di kantor dapat memiliki dampak besar pada tingkat konsentrasi saya).

Motivating others and promoting a positive atmos­phere in the Office (Memotivasi orang lain dan menghadirkan suasana positif di kantor)

27. Do You Know Anyone Who Works For Us? (apakah anda mengenal orang yang bekerja di sini?)

Berhati-hatilah saat Anda menjawab pertanyaan ini jika Anda memiliki teman di perusahaan tersebut. Apakah teman Anda memiliki prestasi yang bagus di perusahaan tersebut atau justru memiliki reputasi yang buruk dalam kinerja perusahaan, karena mereka mungkin akan menilai hal yang sama terhadap Anda. Demikian halnya jika yang bekerja di perusahaan tersebut adalah keluarga Anda, maka anda harus mengetahui dahulu apakah diprbolehkan bekerja dalam satu perusahaan atau tidak.

28. What do you know about this organization? (Apa yang Anda ketahui tentang organisasi ini?)

Pertanyaan ini adalah salah sate alasan mengapa Anda harus melakukan penelitian pada organisasi tersebut sebelum wawancara. Cari tahu tentang isu-isu saat ini dan yang merupakan peran utama dari organisasi tersebut.

29. What Have You Done To Improve Your Knowledge In The Last Year? (Apa yang telah Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda?)

Cobalah untuk memasukkan kegiatan perbaikan yang berhubungan dengan pekerjaan. Berbagai macam kegiatan dapat disebutkan sebagai hal positif untuk perbaikan diri.

3o. Are You Applying For Other Jobs? (Apakah Anda mela­mar pekerjaan lain?)

Jujur tapi jangan menghabiskan banyak waktu di bagian pertanyaan ini. Tetap fokus pada pekerjaan yang sedang Anda lamar dan apa yang dapat Anda lakukan untuk organisasi ini.

31. Are You A Team Player? (Apakah Anda seorang pemain tim?)

Anda, tentu saja pemain tim. Pastikan Anda memiliki contoh nyata yang spesifik dan menunjukkan Anda sering melakukan beberapa kebaikan tim daripada untuk diri sendiri adalah bukti yang balk dari sikap tim Anda. Jangan membual, hanya mengatakan yang memang seharusnya Anda katakan.

32. How Long Would You Expect To Work For Us If Hired? (Berapa lama Anda berencana bekerja disini jika Anda diterima?)

I’d like it to be a long time. Or As long as we both feel I’m doing a good job.

Saya ingin dalam waktu yang lama. Atau Selama kita sama-sama masih merasa bahwa saya bisa melakukan pekerjaan yang baik.

33. Have you ever had to fire anyone? How did you feel about that? (Apakah Anda pernah memecat siapa pun? Bagaimana perasaan Anda tentang hal itu?)

At the same time, I will do it when it is the right thing to do. When it comes to the organization versus the indivi­dual who has created a harmful situation, I will protect the organization.

Saya akan melakukannya ketika itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Ketika terjadi pertentangan antara organisasi dan sifat individual sehingga menciptakan situasi yang berbahaya, maka saya akan memilih untuk melindungi organisasi.

34. What Is Your Philosophy Towards Work? (Apa filosofi Anda tentang pekerjaan?)

Pewawancara yang mengajukan pertanyaan ini berharap untuk mendengar jawaban yang bijaksana, cerdas, peduli untuk mewujudkan dirinya secara profesional. Jika Anda pernah melakukan self assessment untuk karir Anda atau Anda memiliki kesadaran diri, Anda harus punya jawaban untuk pertanyaan ini.

Jawaban yang akan menyenangkan pewawancara akan mencerminkan ketajaman, antusiasme, pengalaman matang, dan etika kerja yang kuat. Tidak ada jawaban yang baik atau buruk, tapi jawaban yang jujur – Apa pun yang Anda katakan, hal yang paling penting adalah jujur.

Teamwork : The love to work with others. ‘Teamwork Makes a Dream works’. The benefit of accessing more ideas, working in harmony and helping each other for achieving mutual goals.

Teamwork : Suka bekerja dengan orang lain. ‘Team­work Membuat bekerja seperti mimpi’. Manfaat lain adalah banyak ide yang diperoleh, bekerja secara harmonis dan sating membantu untuk mencapai tujuan bersama.

Helping/Serving: The Power In Serving Others.Helping people or serving customers to get back something.

Membantu / Melayani: Kekuatan Dalam Melayani Sesama. Membantu orang atau melayani pelanggan untuk mendapatkan hasil.

Motivation: Commitment, dedication and loyalty towards work –Commitment will bring in dedication, hard work and best results.

Motivasi: Komitmen, dedikasi dan loyalitas terhadap pekerjaan – Komitmen akan membawa dedikasi, kerja keras dan hasil terbaik.

35. If You Had Enough Money To Retire Right Now, Would You? (Anda memiliki banyak uang untuk pensiun seka­rang bukan?)

“Yes I would”. But I need to work, this is the type of work I prefer.

“Ya, saya ingin”. Tapi saya perlu bekerja, ini adalah jenis pekerjaan yang saya inginkan.

36. Have You Ever Been Asked To Leave A Position? (Apakah Anda pernah diminta untuk meninggalkan sebuah posisi/ jabatan?)

Jika Anda belum, Anda harus mengatakan tidak. Jika Anda memiliki, jawablah dengan jujur, singkat dan menghindari mengatakan hal-hal negatif tentang orang ­orang atau organisasi yang terlibat.

37. Explain How You Would Be An Asset To This Organization (Jelaskan bagaimana Anda akan menjadi sebuah aset dalam organisasi ini)

Anda harus cemas untuk pertanyaan ini. Ini memberi Anda kesempatan untuk menyoroti poin terbaik yang berhubungan dengan posisi yang sedang dibahas.

Punctuality, dedication towards the work, effective team player, ability to learn quickly, flexibility these skills make an employee to be an asset to this organization, so I will always try to put the best of my effort the way I will learn to work in this organization.

Ketepatan waktu, dedikasi terhadap pekerjaan, pemain tim yang efektif, kemampuan untuk belajar dengan cepat, fleksibilitas keterampilan ini membuat karyawan menjadi aset bagi organisasi ini, jadi saya akan selalu mencoba untuk menempatkan yang terbaik dari usaha saya cara saya akan belajar untuk bekerja di organisasi ini.

38. Tell me about a suggestion you have made have a good one ready. (Ceritakan pada saya sebuah saran baik yang sudah kamu persiapkan. )

Pastikan dan menggunakan saran yang diterima dan kemudian dianggap berhasil. Salah satu hal yang terkait dengan jenis pekerjaan diterapkan.

39. Tell Me About Your Dream Job. (Ceritakan tentang pekerjaan yang Anda impikan).

Jawaban terbaik adalah dengan mengatakan sesuatu yang tidak terlalu spesifik, seperti: Pekerjaan impian saya adalah di mana saya mencintai pekerjaan tersebut, seperti berhubungan dengan orang banyak, dapat berkontribusi dengan baik dan selalu bersemangat untuk pergi bekerja.

My dream job is always inspires another person to be kind, honest, and work hard.

Pekerjaan impian saya selalu mengilhami orang lain untuk menjadi baik, jujur, dan bekerja keras.

40. What Kind Of Person Would You Refuse To Work With? (Jenis orang seperti apa yang akan Anda tolak untuk bekerja sama)?

I don’t work to work with someone who rude and like dismissive and treats me (and many others).

Saya tidak ingin bekerja dengan orang yang kasar dan suka menghina dan mengancam saya (dan banyak orang lain).

41. What Is More Important To You: The Money Or The Work? (Mana yang Iebih penting? Uang atau kerja?)

Money is always important, but the work is the most important.

Uang memang penting, tetapi pekerjaan adalah yang paling penting.

42. Tell Me About A Problem You Had With A Supervisor Biggest Trap Of All? (pernahkah Anda mengalami kesulitan dengan atasan Anda? Bagaimana Anda menangani konflik tersebut?)

Jawaban yang harus Anda katakan adalah jangan menjelekkan supervisor Anda yang dulu, karena mereka juga akan menyimpulkan bahwa mungkin Anda juga akan menjelekkan mereka juga nantinya. Jawaban bisa seperti dibawah ini:

Yes, of course. But I am not a person who will think about any conflict as a difficult burden. I asked the supervisor what my fault was. We talked about it in person. It was between us only. I did not want to let other workers know what had happened. I did not want to disturb the conducive condition in our company.

Ya tentu saja. Tapi saya bukan orang yang berpikir bahwa konflik adalah beban yang sulit. Saya bertanya pada pengawas apa kesalahan saya. Kami berbicara tentang hal itu secara pribadi. Itu antara kami saja. Saya tidak ingin membiarkan pekerja lain tahu apa yang terjadi. Saya tidak ingin mengganggu kondisi kondusif di perusahaan kami.

43. What Has Disappointed You About A Job? (Apa yang Anda kecewakan dalam pekerjaan Anda)

I was laid off in a reduction Company did not win a contract, which would have given me more responsibility.

Saya telah diberhentikan dari Perusahaan karena tidak memenangkan kontrak, yang akan memberikan saya memiliki banyak tanggung jawab.

44. Describe The Workload In Your Current / Recent Job? (lelaskan beban kerja Anda sekarang/ terakhir).

Doing researches, reading a lot of references, meeting with my team, creating less than io minute excellent presentations, providing needed information and being a bank of ideas for the department.

Melakukan penelitian, membaca banyak referensi, per­temuan dengan tim saya, menciptakan kurang dari 10 menit presentasi yang sangat baik, memberikan informasi yang diperlukan dan menjadi bank ide untuk departemen itu.

45. What Kind Of Working Envoronment That Is The Most Convenient For You? (tempat kerja seperti apa yang paling nyaman untuk Anda?)

I’d love to work in a cozy but competitive atmosphere. Saya akan senang bekerja dalam suasana yang nyaman tapi kompetitif.

I love to work in a fair-play company. Everything is transparent. The standard operational procedure is obvious and the career development is good and clear. The punishment and reward system run well. Plus working with very supportive colleagues.

Saya suka bekerja di sebuah perusahaan yang adil. Semuanya transparan. Prosedur operational standar yang jelas dan pengembangan karir yang baik dan jelas. Hukuman dan imbalan sistem berjalan dengan baik. Ditambah bekerja dengan rekan-rekan yang sangat mendukung.

46. If You W Ere Hiring A Job Seeker For This Position, What Qualities Would You Look For? (Jika Anda memper-kerjakan seseorang pada posisi ini, apa yang Anda cari)

Someone who has got the job skills, research skills, having competence and experienced in this field.

Seseorang yang telah memiliki keterampilan kerja, keterampilan penelitian, memiliki kompetensi dan pengalaman dalam bidang ini.

47. Are You Willing To Be Relocated? (Apakah Anda bersedia bekerja dimanapun Anda ditempatkan?)

Jawablah pertanyaan ini dengan jawaban yang penuh percaya diri jika memang Anda memang bersedia ditempatkan dimanapun.

Of course. Moving from one place to another place is not a problem for me. New places will be very challenging. learning about cultures and people from many places in interesting.

Tentu saja. Pindah dari satu tempat ke tempat lain tidak masalah bagi saya. Tempat baru akan sangat menantang. belajar tentang budaya dan orang-orang dari berbagai tempat yang menarik.

48. Do You Have Any Hobbies? (Apakah Anda mempunyai hobi?)

Pertanyaan tentang hobi atau kegemaran ini cukup penting untuk diberi perhatian lebih karena hal ini menyangkut hal yang sangat pribadi, tapi dapat mempengaruhi karir kita.

I love reading, writing, travelling, and gardening. I also enjoy outdoor activities, such as jogging in morning and rafting.

Saya suka membaca, menulis, bepergian, dan berkebun. Saya juga menikmati kegiatan di luar ruangan, seperti jogging di pagi hari dan arung jeram.

49. How Does Our Company Fit Into Your Vision? (Bagai­mana perusahaan kami sesuai dengan visi Anda?)

I have known this company since I was in senior high school. Working here is one of my dreams. I believe that I have the same vision as this company.

Saya tahu perusahaan ini sejak masih di SMA. Bekerja di sini adalah salah satu impian saya. Saya percaya bahwa saya memiliki visi yang sama dengan perusahaan ini.

50. What Your Accomplishments That Can Show Your Initiative And Willingness To Work? (Prestasi apa yang menunjukkan inisiatif dan keinginan Anda?)

I have some. For example, when I led a team to create a new format for a presentation and change the way we communicate with our clients especially the very loyal ones.

Saya punya beberapa. Sebagai contoh, ketika saya memimpin sebuah tim untuk membuat format baru untuk presentasi dan mengubah cara kita berkomunikasi dengan klien kami terutama yang sangat setia. Saya tahu benar bagaimana mempengaruhi orang lain.

Selesai Sudah Semoga Dengan Mempelajari Materi Bocoran Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja Pada Website SBI Kita Dapat Lolos Dalam Tahap Interview Kerja, Insya Allah