10 Tips Menjaga Harga Diri dalam Pekerjaan

Tips dunia kerja: “Harga diri bukan hanya menyangkut kehormatan kita, tetapi juga kesadaran bahwa kita memang memerlukannya”

Anda merasa bangga akan apa yang sudah dia raih selama ini dalam kariernya. Kendati begitu, tentunya Anda tetap ingin menerima tantangan baru. Tantangan baru ini akan memberikan ujian tersendiri, dengan situasi-situasi yang dapat menguji karakter serta harga diri Anda. Yang jelas, mempertahankan harga diri erat hubungannya dengan menghormati diri sendiri, kepercayaan diri, dan keadilan.

Berikut ini beberapa tips dunia kerja yang bisa dipelajari supaya Anda dapat mempertahankan harga diri dan wibawa dalam pekerjaan:

1. Bantulah si bos agar terlihat baik tanpa menutupi diri Anda.

Bila bos Anda mendapatkan promosi, maka jalan Anda juga akan terbuka. Sang bos mungkin saja bakal membawa serta Anda ke dalam departemen baru yang ia pimpin, bila ia melihat Anda sebagai aset dalam perusahaan dan kariernya.

Kuncinya adalah memperlihatkan berapa besar kontribusi Anda kepada perusahaan kepada pimpinan serta semua pihak yang terkait. Berusahalah untuk terlihat, siap membantu, dan siap turun tangan bila dibutuhkan. Tetapi janganlah menjadi orang yang selalu ingin tahu urusan orang lain. Jarang ada pemimpin bijak yang ingin dikelilingi pegawai “yes men”. Banggalah atas semua keberhasilan Anda, dan jangan menutupi talenta Anda.

2. Jangan menjadi seorang pengeluh.

Bila Anda terus-menerus minta waktu istirahat kepada bos atau tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline, maka ia tidak bakal menyukai Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam pekerjaan, perkembangan karier, serta harga diri Anda. Para pengeluh dan tukang kasih komentar tidak akan menerima promosi—pimpinan akan berusaha menyingkirkan mereka.

Sudah tentu Anda ingin agar bos menjadi teman dan mitra Anda, bukan sebagai musuh. Jadi pastikan Anda tidak menjadi benalu yang bisanya cuma mengganggu dan frustrasi. Pikirkan benar-benar sebelum membicarakan setiap masalah dengan pimpinan. Pertahankan harga diri dengan membuat keputusan bijaksana sesuai dengan tanggungjawab pekerjaan Anda, tanpa mengganggu pimpinan untuk sekadar memberikan validasi yang tidak perlu atau memberikan pujian untuk Anda.

3. Pastikan kondisi bekerja Anda baik.

Anda diharapkan bekerja dengan bayaran yang cocok, serta dalam kondisi lingkungan pekerjaan yang aman, nyaman, dan baik. Pertahankan hak-hak Anda, dan jangan pernah menjual harga diri demi sehelai cek. Selain itu, jangan pernah ragu membicarakan hal-hal yang memang penting, seperti jam kerja yang fleksibel, atau bila perlu mengerjakan pekerjaan Anda dari tempat lain. Jadilah fleksibel dan garisbawahi benar-benar kepentingan perusahaan. Tingkatkan kemungkinan proposal Anda diterima dengan cara memberikan kontribusi terbaik untuk pimpinan dan harga diri Anda sendiri.

4. Jangan selalu mengikuti mayoritas.

Berkolaborasi dan bekerjasamalah. Tetapi jangan biarkan diri Anda dimanfaatkan orang lain. Anda akan kehilangan kehormatan dan harga diri bila membiarkan semua rekan kerja melimpahkan pekerjaan kepada Anda, sementara mereka tinggal duduk menerima hasilnya. Jangan pernah takut menunjukkan kemerdekaan Anda. Hanya karena semua orang masuk pukul 9 dan pulang pukul 5, tidak berarti semua tindakan mereka tepat.

Untuk isu-isu utama seperti keamanan tempat kerja, upah layak dan jam kerja, bergabunglah dengan rekan-rekan untuk memperjuangkan hak dan kewajiban kerja yang baik. Tetapi, bila Anda tidak berada dalam golongan buruh, Anda lebih baik membicarakannya langsung kepada pimpinan. Anda harus selalu mempertimbangkan baik-buruknya suatu tindakan, sebelum melibatkan diri dalam perjuangan orang lain. Jangan mempermalukan diri Anda sendiri, jangan menggantung “pakaian kotor” Anda di udara sehingga semua orang bisa menciumnya. Di atas semua itu, kendalikanlah emosi Anda.

5. Jangan sampai mendapat reputasi sebagai badut.

Tidak masalah bila Anda bersenang-senang dalam pesta yang diselenggarakan kantor. Tapi ingatlah untuk mengontrol kadar minuman Anda. Etiket dan kontrol diri sangat erat hubungannya dengan harga diri. Membuat orang lain tertawa sangat penting bila Anda sedang berpidato atau memberikan presentasi. Tetapi bila Anda terkenal sebagai seorang pelawak konyol, Anda tidak akan pernah dianggap serius oleh orang lain dan akan kehilangan respek dari sesama rekan.

6. Jangan membawa masalah pribadi dalam pekerjaan.

Percakapan kasar antara Anda dan musuh tidak akan mendapat tempat di kantor. Bila Anda terlibat dalam pertengkaran atau masalah yang bisa mengganggu pekerjaan kantor, bawalah ke luar dan selesaikan. Pikirkan dampak yang bisa mempengaruhi karier dan pekerjaan Anda, sebelum memulai hubungan dengan rekan kerja. Bila berselisih dengan rekan kerja, pribadi Anda mungkin bakal terusik lantaran ada yang tahu sesuatu tidak ingin Anda sebarkan pada orang lain.

7. Jangan mengganggu dan kendalikan emosi.

Normal-normal saja bila Anda merasa frustrasi, terganggu, dan kecewa kala rekan kerja melakukan kesalahan dan berdampak buruk pada diri Anda. Tetapi cara Anda menangani situasi tersebut bisa mempengaruhi pandangan orang lain terhadap Anda. Bila Anda bertemperamen tinggi dan kurang sabar, segeralah sadar bila amarah Anda sedang memuncak, sehingga tidak meledak di tempat dan waktu yang salah. Pertahankan harga diri Anda dengan mengontrol emosi. Bila melakukan atau mengatakan sesuatu yang tidak pantas, cepatlah minta maaf dengan tulus untuk menghindari pertikaian.

8. Waspadalah terhadap gangguan dan pelecehan.

Anda harus mengerti benar peraturan-peraturan dalam pekerjaan dan perusahaan. Bila Anda terus-menerus mengalami gangguan dari rekan kerja atau melihat pelecehan yang dilakukan oleh rekan kerja lain, cobalah ambil tindakan. Gangguan dan pelecehan yang terjadi dalam lingkungan kerja sangat rentan menyebar dan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi rekan-rekan kerja lain. Hal ini akan amat mengganggu harga diri orang-orang yang bersangkutan.

9. Kepemimpinan dan kreativitas adalah penting.

Inovasi adalah kunci sukses masa depan sebuah bisnis. Sementara Anda menyelesaikan tujuan Anda dari hari ke hari, tetapkan fokus Anda pada tujuan utama Anda, dan selalu dapatkan informasi yang cukup mengenai aktivitas maupun kegiatan pesaing. Anda akan mendapatkan kepuasan kerjaan yang lebih baik, dan kepercayaan diri Anda akan meningkat bila mempercayai insting dan intuisi bisnis Anda. Selain itu, Anda juga perlu menambah pengetahuan dan menggunakan kreativitas untuk membantu perusahaan berkembang.

10. Jangan berkompromi dengan value Anda.

Anda bertanggung jawab atas semua aksi dan tindakan Anda. Bila diminta melakukan sesuatu yang ilegal atau tidak etis, lihatlah akibat yang mungkin terjadi. Bekerjalah dengan memikirkan harga diri, integritas, kehormatan, dan wibawa Anda. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu melihat diri Anda sendiri di depan cermin dan benar-benar menyadari bahwa Anda telah melakukan perbuatan baik, dan terbaik sesuai kemampuan Anda. Di setiap penghujung hari, Anda akan merasakan kepuasan atas semua pekerjaan yang telah Anda kerjakan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *